• header

Pimpinan beserta Staf YP-Guruta Gowa Mengucapkan Selamat Datang Tim Assesor BAN-SMP/MTs di SMP ISLAM DARUSSALAM MANUJU # sampaikan saran dan Kritikan melalui SMS Centre/WA 082193493700 Terima Kasih Kunjungannya. Harap Isi Buku Tamu

Pencarian

Login Member

Username:
Password :

Kontak Kami


SMP ISLAM DARUSSALAM MANUJU

NPSN : 69930393

Jl.Poros Tessese No.188 Dusun Tompobalang Desa Manuju Kec.Manuju Kab.Gowa 92173


info@smpidarussalammanuju.sch.id

TLP : 082196759600


          

Banner

Agenda

21 November 2018
M
S
S
R
K
J
S
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
1
2
3
4
5
6
7
8

Statistik


Total Hits : 19148
Pengunjung : 6936
Hari ini : 1
Hits hari ini : 39
Member Online : 2
IP : 54.82.7.231
Proxy : -
Browser : Opera Mini
SEJARAH PENDIRIAN LEMBAGA PENDIDIKAN GURU TASENG
 
Pada awalnya Lembaga Pendidikan Guru Taseng berbentuk Lembaga Pendidikan Keagamaan yakni Pondok Pesantren 
yang ketika itu bernama Pondok Pesantren Salafiyah (PPs) Agro Industri Darussalam Manuju yang merupakan kelas jauh dari Yayasan Pondok  Pesantren Agro Industri Darussalam di Passallangngang Desa Katangka Kecamatan Bontonompo dibawah asuhan Syawaluddin Rala, adapun kegiatan yang dilaksanakan ketika itu adalah program Wajardikdas/Paket A, B, dan C yang merupakan kerjasama Departemen Agama dengan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. warga belajar berasal dari mereka para warga Putus sekolah atau tamat sekolah Dasar kegiatan. kegiatan ini berlangsung sejak tahun 2007 sampai tahun 2009 dengan status filiyal dari YASPAIN Bontonompo. seiring dengan waktu pengasuh program terkendala dengan lahirnya sejumlah aturan teknis yang tidak lagi sanggup kami penuhi sehingga pada awal tahun 2009 kami lakukan penutupan program PPs tersebut.
 
 pasca penutupan program tersebut, Lalu Pondok Pesantren Darussalam Manuju didirikan oleh Hardiyansah, SH sejak Masih Kuliah pada Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar pada tahun 2007, pada tahun 2010 Pondok Pesantren Darussalam Manuju secara bertahap memisahkan diri dan berusaha berdiri sendiri dibawah naungan Yayasan Pendidikan Guru Taseng (YP-Guruta) dan terjadi perubahan nama menjadi Pondok Pesantren Darussalam Manuju. sebagai program Awal Pesantren Darussalam Manuju adalah Program Pendidikan Terpadu Anak harapan (DIKTERAPAN) yang merupakan pendidikan bagi sejumlah Anak Marjinal (Anak jalanan, anak terlantar, dan termarjinalkan lainnya). program ini adalah amanat Inpres No. 1 tahun 2010. melalui program ini ponpes Darussalam Manuju berkembang dan pertama kali membangun Gedung Darurat yakni Rumah Kayu yang menjadi Pusat kegiatan Ponpes antara lain sebagai kantor, Ruang berlajar, Mushallah, sekaligus menjadi pondokan santri. sebelumnya bangunan yang digunakan adalah kolom rumah orang tua Pendiri yang di sekat menjadi pusat kegiatan pondok termasuk tempat belajar dan mushallah. dalam melaksanakan Program Dikterapan sempat mendapatkan perhatian khusus dari Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan yakni dengan melakukan kunjungan kerja pada lembaga ini, ketika itu Kakanwil Kemenag Sulsel (H.M Gazali Suyuti, M.Hi) didampingi Para pejabat kementerian Agama melakukan peletakan Batu Pertama Pembangunan Ponpes Darussalam Manuju.
 
pada tahun 2013 dibangunlah Bangunan Pertama yang merupakan anggaran swadaya yang bersumber dari para donatur. ditahun yang sama tepatnya 16 Juli 2013 dibukalah MTs. Darussalam Manuju, dengan jumlah siswa pertamanya sebanyak 13 Orang ketika itu bangunan belum juga rampung sehingga siswa dibelajarkan pada Perumahan SD Inpres Pannyikokang yang kemudian pindah karena bangunan sudah tidak memungkinkan di tempati proses belajar akibat atap runtuh hingga bangunan di bongkar. sejak itu siswa belajar dengan metode outing class yakni belajar dibawah pohon pohon dan pinggiran sungai. dan pada musim hujan mereka belajar dengan memanfaatkan rumah panggung PP. Darussalam Manuju. pada tahun kedua tepatnya 2014 bangunan sudah selesai. 
 
mendirikan lembaga pendidikan madrasah bukanlah perkara mudah pada pertengahan perjalanannya menuai kendala Izin Operasional yang mengharuskan menginduk pada MTs Nur Hidayah Rabbin di kecamatan Bungaya sambil pengajuan permohonan izin operasional berjalan. pada awal tahun 2015, Mts Darussalam Manuju belum juga mendapatkan izin operasional sehingga oleh ketua Yayasan memutuskan beralih ke Dinas Pendidikan Olahraga danPemuda Kabupaten Gowa, maka keluarlah Izin Operasional SMP Islam Darussalam Manuju oleh Bupati Gowa sejaka itulah berubah status dari MTs menjadi SMP Islam.